Selasa, Maret 17, 2015

Konsep Salah Diajarkan Terus, Tentang Simbiosis

Ada satu lagi konsep yang salah tentang simbiosis yang diajarkan terus dan tercantum di dalam buku-buku seperti berikut ini:
  1. buku SM*RT in Science, buku bilingual, tahun terbit 2011, untuk pelajaran IPA SD kelas 4, Har**, halaman 107.
  2. buku BSE, tahun terbit 2008, IPA SD dan MI kelas IV, De**, halaman 70.
  3. buku BSE, tahun terbit 2008, IPA untuk SD dan MI Kelas IV, Sulist*****, halaman 61.
  4. buku BSE, tahun 2008, Senang Belajar IPA 4, untuk Kelas IV, Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Rosit*****, halaman 65.

Semua buku tersebut menjelaskan konsep yang kurang tepat tentang simbiosis. Berikut ini kutipan tulisan dalam buku tersebut, terurut sesuai urutan daftar buku di atas.
1)    Hubungan antara dua makhluk hidup disebut simbiosis.
2)    Hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup disebut simbiosis.
3)    Hubungan khas antar makhluk hidup seperti ini disebut simbiosis.
4)    Hubungan antara dua makhluk hidup disebut simbiosis.

Sebelum saya sampaikan menurut referensi lainnya, coba kita pikirkan, kira-kira tepat tidak kalimat pengertian di atas. Kalaulah memang hubungan antara dua makhluk hidup disebut simbiosis, lantas bagaimana jika hubungan tersebut terjadi antara bapak (manusia) dengan ibu (manusia), atau antar sesama semut merah? Apakah ini termasuk simbiosis? Tentulah tidak, karena hubungan seperti itu disebut “kerjasama”.

Oleh karena itu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia pun dibedakan pengertian antara kerjasama dengan simbiosis.

“kerjasama” tidak sama arti dengan “simbiosis”

Menurut KBBI,
Kerjasama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang (lembaga, pemerintah, dsb) untuk mencapai tujuan bersama. 
Sedangkan,
Simbiosis adalah (Bio) keadaan hidup bersama secara erat antara dua organisme yang berbeda.

Senada dengan KBBI, menurut wikipedia,
Simbiosis merupakan pola interaksi yang sangat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis (Hermawati, 2010). 

Yang dimaksud dengan “berlainan jenis” sama artinya dengan “berlainan spesies”.

Dalam buku yang lain yang pernah saya baca, juga memberikan pengertian yang senada, sebagaimana yang tertulis pada buku yang berjudul Sukses Ujian Nasional SD/MI 2014, penerbit Wahyumedia, yang menjelaskan bahwa simbiosis adalah hubungan atau pola interaksi antar dua makhluk hidup yang berlainan jenis (Untoro et al., 2013: 103). Atau pada buku yang berjudul Jurus Lulus UN SD/MI 2012, penerbit IndonesiaTera, yang menjelaskan bahwa simbiosis adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis (Sa'adah et al., 2011: 178).

Kesimpulan Pengertian dan Macam Simbiosis

Simbiosis adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis atau spesies, contoh:
  1. burung gereja dengan tumbuhan benalu (simbiosis mutualisme, hubungan antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis atau spesies yang saling menguntungkan)
  2. tumbuhan anggrek dengan pohon palem (simbiosis komensalisme, hubungan antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis atau spesies yang satu untung yang lain tidak rugi tapi juga tidak untung)
  3. kutu dengan anjing (simbiosis parasitisme, hubungan antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis atau spesies yang satu untung yang lain dirugikan)

Semoga berguna ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)