Rabu, Mei 24, 2017

Manfaat Plus Olahraga Ketimbang Hanya Diet

Sebenarnya diet itu berarti pengaturan pola makan, mulai tentang porsi, ukuran, sampai dengan kandungan gizinya. Hanya saja di Indonesia, diet lebih diartikan sebagai usaha menurunkan berat badan.

Sebuah produk kesehatan herbal menyatakan mampu membuat berat badan konsumen turun beberapa kilogram tanpa perlu berolahraga. Akhirnya saya berpikir, apa fungsi atau manfaat olah raga sebenarnya? Apakah tidak ada efek sampingnya jika mereka yang ingin menurunkan berat badan tanpa melakukan olahraga?

Menurut MayoClinic, manfaat olahraga antara lain adalah dapat menjaga berat badan tetap dalam rentang normal. Olahraga juga dapat mencegah penyakit. Penyakit yang dapat dicegah dengan olahraga antara lain depresi, penyakit jantung dan stroke, tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, sakit punggung, osteoporosis, dan bahkan mampu mencegah penyakit kanker.

Beberapa kanker yang dapat dicegah dengan berolahraga adalah kanker endometrium dan kanker prostat. Hasil penelitian Yale School of Public Health, wanita yang berolahraga selama 150 menit dalam seminggu memiliki risiko 34 persen lebih rendah terhadap penyakit kanker endometrium dibandingkan wanita lain yang tidak aktif berolahraga. Dan menurut penelitian di tahun 2006 yang tercatat pada International Journal of Cancer, pria yang berolahraga secara teratur memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit kanker prostat dibandingkan dengan pria yang tidak aktif berolahraga. Penelitian yang dimuat jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism, menjelaskan bahwa tidak penting seberapa sering Anda berolahraga asalkan dalam seminggu tercapai total waktu 150 menit, maka efeknya bagus untuk kesehatan.

Manfaat lain dari olahraga adalah dapat meningkatkan atau mengubah suasana hati menjadi lebih baik. Olahraga juga menambah energi dan memberikan kualitas tidur yang lebih baik.

Kalau targetnya hanya untuk menurunkan berat badan saja, tanpa olahraga, memang benar bisa dilakukan. Seperti dalam salah satu artikel situs www.dokter.id yang berjudul "Berat Badan Turun Tanpa Olahraga, Bisakah?" menjelaskan bahwa cara menurunkan berat badan tanpa olahraga memang bisa dilakukan antara lain dengan cara:
  1. minum air putih sebelum makan maka Anda pun akan lebih cepat merasa kenyang, sehingga porsi makan Anda menjadi berkurang.
  2. meningkatkan aktivitas fisik semisal dengan berjalan kaki ke kantor, mengepel, membersihkan bak mandi, menyapu, dan lain sebagainya.
  3. mengurangi konsumsi karbohidrat dapat dilakukan dengan cara mengganti nasi putih dengan nasi merah atau roti gandum dengan oatmeal.
Masalahnya adalah meningkatkan aktivitas fisik seperti mengepel itu tentunya memiliki efek berbeda dengan berolahraga. Ini karena olahraga lebih mempu memberikan efek rileks dan meningkatkan suasana hati dibandingkan mengepel :D ... hehehe sebab mengepelnya sendiri bikin penat, tapi ini hanya pendapat pribadi. Mengurangi porsi makan dengan cara minum air putih dan mengurangi konsumsi karbohidrat juga mampu menurunkan berat badan. Namun, hal tersebut harus menggunakan penghitungan yang tepat agar tetap sesuai dengan jumlah energi yang dibutuhkan dalam sehari.

Pada intinya, masih lebih banyak manfaat yang didapatkan dari berolahraga, daripada hanya sekedar menurunkan berat badan tanpa berolahraga. Atau lebih baik lagi jika berdiet sehat dibarengi juga dengan berolahraga. Kalau menurut saya, seperti pepatah mengatakan, "sekali dayung, dua pulau terlampaui". Dengan berolahraga, berat badan bisa turun dan manfaat plus plus lainnya juga didapat. InsyaAllaah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)